Puting Anda lecet saat menyusui ?

wanita menyusui

Ups! Bayi Anda mulai mengigit dan sakit! Puting sakit adalah keluhan sering untuk ibu menyusui, dan beberapa menganggap itu bagian tak terhindarkan dari pengalaman puting lecet saat menyusui . Namun para ahli laktasi sepakat bahwa rasa sakit adalah tanda bahwa sesuatu yang tidak benar.

Penyebab paling umum? Bayi tidak mengambil puting cukup dalam ke mulutnya. Untuk menyusui menjadi nyaman, bayi perlu memiliki seluruh puting dan bagian dari payudara dalam mulutnya, sehingga puting dekat bagian belakang mulutnya di mana langit-langit lunak. Latch baik ini lebih mungkin terjadi jika bayi kait pada dengan kepala berujung kembali sehingga dagunya ditekan ke payudara ibu dan hidungnya jauh dari payudara. Tentu saja, setiap bayi dan setiap payudara adalah sedikit berbeda, sehingga Anda mungkin perlu menyesuaikan posisi untuk menemukan apa yang terbaik bagi Anda berdua.

Cobalah ide-ide ini untuk mencegah nyeri puting dan memecahkan masalah jika itu tidak terjadi.

1. Biarkan bayi diri kait Anda
Manusia, seperti bayi yang baru lahir dari mamalia lainnya, memiliki kemampuan menyusui bawaan dan mampu menemukan payudara dan menempel dengan baik dengan hanya sedikit bantuan dari ibu. (Beberapa obat dan intervensi dalam persalinan dan kelahiran dapat membuat lebih sulit bagi beberapa bayi di jam pertama dan hari setelah kelahiran.) Jika ibu masuk ke dalam, posisi semi-berbaring nyaman dan menempatkan bayi perut-down di tubuhnya ( gravitasi akan membantu menjaga dia di sana, tapi ibu bisa menggunakan tangannya untuk memberikan dukungan jika diperlukan), dengan kepala bayi di dekat payudaranya, bayi akan mengarahkan dirinya dengan angguk kepala, dan bergerak menuju payudara untuk kait pada. Hal ini dapat memakan waktu, namun biasanya menghasilkan efektif, bebas rasa sakit latch.

2. Gunakan posisi yang baik jika Anda perlu untuk membantu bayi
Beberapa bayi (misalnya, mereka yang terkena obat selama persalinan dan kelahiran) mungkin memiliki kesulitan dalam diri melampirkan. Jika Anda sedang menyusui duduk, pastikan bayi Anda terselip di dekat Anda, perut ke perut, dan tangan mendukung Anda atau lengan ditempatkan di belakang bahunya, tidak kepalanya, sehingga ia dapat tip kepalanya kembali dan membawa dagu ke dada pertama. Puting Anda harus menunjuk ke arah hidungnya, sehingga saat dia membuka lebar dan tips kepalanya kembali, itu akan berada di tempat yang tepat untuk meluncur jauh ke dalam mulutnya, yang bertujuan atap mulutnya.

3. Sesuaikan tanpa membuka pengait rantai pengamannya
Jika bayi Anda terposisikan, dan itu menyakitkan, Anda tahu ada sesuatu yang salah. Kadang-kadang ibu disarankan untuk tetap jari di mulut bayi, membuka pasak dia, dan mulai dari awal. Masalah dengan pendekatan ini adalah bahwa hal itu sangat frustasi untuk bayi: setiap kali dia mulai menyusui, dia diambil dari payudara. Beberapa sangat frustrasi mereka menolak untuk perawat, atau mulai keras atas puting. Hal ini juga menempatkan Anda pada risiko kerusakan lebih puting jika bayi kait pada salah berulang kali. Sebaliknya, cobalah pertama untuk menyesuaikan posisi bayi saat dia menyusui, sehingga sisa makan bisa lebih nyaman. Cobalah menekan dalam sedikit lebih di bahu bayi untuk membawa dia lebih dekat dan membiarkan kepalanya ujung kembali sedikit lebih, atau menggeser posisinya sedikit (tergantung pada posisi alami puting Anda? Ia mungkin harus lebih rendah atau lebih keluar ke sisi, misalnya).

4. berat badan ideal saat hamil
Ibu dengan puting sakit sering ingin ruang menyusui keluar selama mungkin, dan itu pasti dimengerti! Jika sesuatu menyebabkan nyeri Anda, Anda ingin melakukannya jarang. Namun, bayi sangat lapar tidak akan memiliki banyak kesabaran, dan mungkin mencoba untuk mengambil di puting Anda, menyebabkan rasa sakit. Menyusui bayi segera setelah ia tampaknya lapar akan membuat lebih mudah untuk bekerja pada mendapatkan kait yang baik setiap kali.

5. Ingatlah bahwa puting tidak semua sakit yang disebabkan oleh masalah latch (meskipun mayoritas adalah)
Beberapa kemungkinan penyebab lain: thrush (infeksi jamur pada kulit puting, yang juga dapat berada di dalam mulut bayi); infeksi bakteri pada puting susu atau saluran susu; sebuah bleb puting, yang terlihat seperti melepuh putih kecil di ujung puting; Sindrom Raynaud, yang merupakan kondisi di mana puting berubah menjadi putih setelah makan dan sakit sebagai darah mengalir kembali. Jika Anda menduga semua ini (atau beberapa masalah lain) mungkin menjadi masalah, periksa dengan dokter atau konsultan laktasi untuk rekomendasi pengobatan.

6. Periksa lidah-tie pada bayi
Seorang bayi dengan lidah-dasi tidak mampu mengangkat lidahnya atau memindahkannya ke depan normal dan ini berarti dia tidak bisa menggunakannya untuk membantu susu ekstrak dari payudara. Sebaliknya bayi akan mendorong puting dengan lidahnya, menekan keras melawan langit-langit saat ia menyebalkan dan sering menyebabkan banyak rasa sakit dan kerusakan. Lihat untuk melihat apakah bayi Anda menjulurkan lidahnya lalu bibir bawahnya dan jika dia mengangkat lidahnya ke langit-langit mulut ketika menangis. Jika dia tampaknya tidak mampu membuat gerakan-gerakan ini, konsultasikan dengan dokter Anda. Seorang profesional medis dapat klip membran yang membatasi gerakan lidah, yang dapat membuat perbedaan besar.

7. Gunakan pelindung puting hati-hati, jika sama sekali
Perisai puting sering direkomendasikan untuk melindungi puting sakit selama menyusui, tetapi mereka kadang-kadang dapat menyebabkan lebih banyak masalah daripada mereka memecahkan. Perisai puting terlihat seperti puting botol yang terbuat dari silikon yang sangat tipis dan ditempatkan di atas puting ibu sebelum bayi kait pada. Namun, seringkali bayi tidak latch baik ke perisai, puting terus rusak dan bentuk yang berbeda dan nuansa dapat menyebabkan bayi mengalami kesulitan dalam menyusui tanpa itu. Jika hal-hal lain tidak bekerja, meskipun, mungkin layak memberikan mencobanya dengan bantuan dari La Leche League Leader atau konsultan laktasi.

8. Gunakan susu Anda untuk menyembuhkan retak, perdarahan atau melepuh puting
Mengungkapkan sedikit susu ke puting dan biarkan udara kering di sana. Berhati-hatilah dalam menggunakan lanolin atau krim lainnya; jika Anda memiliki beberapa sariawan ini, krim ini dapat mendorong untuk tumbuh. Sebuah salep resep (seperti Dr. Jack Newman All-Purpose puting Salep) dengan bahan-bahan untuk melawan bakteri dan infeksi jamur dapat membantu Anda menyembuhkan juga. Anda juga dapat mengambil over-the-counter obat penghilang rasa sakit. Pilihan lain adalah dengan menerapkan kompres es sebelum Anda makan bayi untuk mematikan sementara puting Anda latch bayi di. Salah satu bagian dari kabar baik: puting menyusui umumnya sembuh sangat cepat sekali penyebab kerusakan (seperti masalah latch) teratasi.

9. kontraksi palsu
Jika puting Anda sakit dan rusak, Anda mungkin menemukan sesuatu yang menyentuh mereka membuat mereka terluka bahkan lebih. Anda dapat menggunakan kerang payudara (donat berbentuk barang-barang plastik dengan atas kubah, Anda menempatkan puting Anda di tengah-tengah lubang donat dan kubah melindungi dari kontak) untuk melindungi mereka dari disentuh oleh bra Anda. Sebisa mungkin, mengekspos puting ke udara sehingga mereka akan tetap kering dan menyembuhkan.

10. Carilah bantuan!
Banyak orang berpikir itu normal untuk menyusui menyakitkan, setidaknya pada awalnya. Ini bukan. Jika tips ini tidak membantu Anda mengatasi masalah, mencari seorang ahli menyusui yang dapat melihat situasi tertentu dan memberikan beberapa saran. Seringkali seorang ibu dengan puting sakit akan memiliki lebih dari satu masalah (misalnya, Anda mungkin telah dimulai dengan kait miskin, mengembangkan infeksi bakteri, dan memiliki sindrom Raynaud juga, dipicu oleh trauma ke puting) sehingga Anda mungkin harus untuk bekerja melalui masing-masing sebelum menyusui menjadi bebas rasa sakit. https://id.wikipedia.org/wiki/Puting_susu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + 10 =