Apakah Gagal Ginjal Kronis Itu ?

gejala-gagal-ginjal kronis

Gagal ginjal kronis adalah berkurangnya kemampuan ginjal untuk menyaring racun, zat sisa, dan cairan berlebih dari darah, yang terjadi secara perlahan-lahan. Kondisi ini membuat terjadinya penumpukan cairan dan zat sisa di dalam tubuh. Gagal ginjal kronis dapat berkembang menjadi sangat parah, dan kadang membutuhkan terapi cuci darah atau bahkan transplantasi ginjal.

Symptoms

Gagal ginjal ditunjukkan dengan gejala berikut :

  • Berkurangnya urine yang keluar.
  • Mual dan muntah.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Kelelahan dan badan lemah.
  • Gangguan tidur.
  • Kehilangan kepekaan.
  • Otot nyeri dan kram.
  • Pembengkakan kaki dan tumit.
  • Tubuh terasa gatal atau serasa dicubit.

Karena ginjal sangat mudah beradaptasi terhadap gangguan pada fungsinya, gejala gagal ginjal kronis mungkin baru akan muncul setelah kondisinya sangat parah. Itulah sebabnya sangat perlu untuk setiap orang melakukan screening atau medical check up secara teratur agar kondisi-kondisi yang tidak normal dapat segera terdeteksi.

Fungsi ginjal adalah, antara lain, untuk menyingkirkan produk-produk limbah yang dihasilkan dari metabolisme tubuh.

Salah satu utama oleh-produk dari metabolisme protein (otot) adalah urea. Ginjal menghapus produk limbah dengan mengekstraksi mereka dari darah dan mengirim mereka sepanjang ureter menuju kandung kemih, dari mana mereka diekskresikan dalam urin.

Jika fungsi ginjal gagal, produk limbah menumpuk dalam darah dan tubuh. Istilah untuk ini build-up adalah azotemia.

Tingkat yang sangat ringan azotemia dapat memberikan gejala sedikit atau tidak ada, tetapi jika gagal ginjal terus maka gejala akan mulai muncul.

Jika ginjal (renal atau) kegagalan adalah gelar yang cukup untuk menyebabkan gejala, hal itu disebut uremia.
menonton jangka

Azotemia adalah membangun produk limbah yang menumpuk dalam darah dan tubuh ketika ginjal gagal berfungsi.

Tingkat yang sangat ringan azotemia dapat memberikan gejala sedikit atau tidak ada, tetapi jika gagal ginjal terus maka gejala akan mulai muncul.

Jika ginjal (renal atau) kegagalan adalah gelar yang cukup untuk menyebabkan gejala, hal itu disebut uremia.
Apa yang menyebabkan gagal ginjal?

Gagal ginjal dapat terjadi dengan cepat selama hari, minggu atau bulan (gagal ginjal akut) atau perlahan-lahan selama bertahun-tahun (gagal ginjal kronis).
Gagal ginjal akut

Hal ini dapat terjadi dengan penyakit serius atau operasi, terutama yang rumit oleh infeksi yang parah. Cedera ginjal akut adalah umum yang mempengaruhi sekitar 20 persen dari mereka yang dirawat di rumah sakit dengan kondisi akut. Jika suplai darah ke ginjal berkurang jauh dari kehilangan darah, penurunan tekanan darah, dehidrasi berat atau kekurangan garam, maka ginjal mungkin rusak. Jika masalah ini berlangsung cukup lama bisa ada kerusakan permanen pada jaringan ginjal.

Penyumbatan mendadak drainase urin dari ginjal dapat menyebabkan kerusakan. Sebuah batu ginjal adalah penyebab kemungkinan ini. Kerusakan ginjal akut dapat terjadi sebagai efek samping yang jarang dari beberapa obat dan kondisi langka lainnya.

Kerusakan ginjal akut dapat terjadi sebagai efek samping yang jarang dari beberapa obat dan kondisi langka lainnya.
Gagal ginjal kronis

Ada banyak penyebab gagal ginjal kronis, termasuk kondisi peradangan yang mempengaruhi jaringan ginjal, sebagai komplikasiberdiri panjang diabetes mellitus (kencing manis gula), penyumbatan kronis drainase ginjal dan sebagai akibat dari kondisi tertentu diwariskan seperti polycystic penyakit ginjal.

Seringkali, penyebabnya telah terjadi bertahun-tahun sebelumnya dan tidak dapat diidentifikasi.
Apa saja gejalanya?
Gagal ginjal akut

Berikut gejala sebagian besar orang-orang dari kondisi menyebabkan gagal ginjal, seperti:

kehilangan darah, menyebabkan penurunan tekanan darah
muntah dan diare, yang menyebabkan dehidrasi
menghancurkan cedera. Jika sebagian besar otot yang rusak ada pelepasan zat protein beracun yang berbahaya bagi ginjal
Penyumbatan mendadak drainase urin.

Gagal ginjal kronis

Kerusakan ginjal biasanya tidak terseteksi

Ini bisa ditemukan secara kebetulan dari darah atau tes urine dilakukan untuk alasan lainnya. Tekanan darah tinggi sangat umum terjadi dengan itu.

Gejala jarang terjadi kecuali gagal ginjal jauh maju, ketika salah satu dari berikut mungkin hadir:

kelelahan
gatal
kehilangan nafsu makan
mual dan muntah
sesak napas
retensi cairan, ditampilkan sebagai pergelangan kaki bengkak (edema)
kelemahan.

Bagaimana gagal ginjal diobati?
Gagal ginjal akut

Sebagian besar penyebab gagal ginjal akut dapat diobati dan fungsi ginjal akan kembali normal dengan waktu. Penggantian fungsi ginjal dengan dialisis (ginjal buatan) mungkin diperlukan sampai fungsi ginjal telah kembali.
Gagal ginjal kronis

Penyakit ginjal kronis (CKD) sering ireversibel dan jika luas, ginjal mungkin akhirnya gagal sepenuhnya.

Gagal ginjal kronis adalah suatu kondisi serius yang membutuhkan perhatian segera ketika didiagnosis.

CKD mempengaruhi 35 persen orang berusia di atas 65. Diperkirakan bahwa 31 persen dari kasus semua orang yang memiliki CKD tetap tidak terdiagnosis.

Orang-orang ini perlu diidentifikasi lebih awal dan diberi dukungan dan pengobatan yang mereka butuhkan. CKD dapat berkembang menjadi kebutuhan untuk transplantasi ginjal atau dialisis hidup panjang.

Penyakit ginjal kronis (CKD) merupakan faktor risiko untuk penyakit kardiovaskular tubuh yang juga reversibel atau dicegah pada tahap awal mereka, tetapi mungkin memerlukan perawatan yang lebih medis.

Pada 5 Maret 2013, Departemen Kesehatan menerbitkan Hasil Strategi Penyakit Kardiovaskular, Meningkatkan hasil untuk orang dengan atau berisiko penyakit jantung‘.

apa gagal-ginjal kronis

Perkiraan konservatif menunjukkan bahwa program ini memiliki potensi untuk, misalnya, mencegah lebih dari 4.000 orang per tahun dari diabetes tipe 2 dan mendeteksi setidaknya 20.000 kasus penyakit diabetes atau ginjal setiap tahun.

Kadang-kadang mungkin untuk mengidentifikasi dan mengobati penyebab gagal ginjal itu sendiri. Lebih umum pengobatan harus nonspesifik. Dalam semua kasus, kontrol tekanan darah hati sangat penting dalam memperlambat kemajuan gagal ginjal. Satu atau lebih obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah dapat diberikan.

Perubahan dalam diet mungkin diperlukan dan termasuk mengurangi asupan garam, menghindari makanan yang mengandung banyak kalium dan mengurangi jumlah protein dan fosfat dalam diet.

Anemia biasanya hasil dari gagal ginjal kronis, tetapi dapat dengan mudah diobati dengan suntikan hormon eritropoietin, sebagai epoetin alfa (Eprex) atau epoetin beta (NeoRecormon).

Suplemen vitamin D dalam bentuk alfacalcidol (misalnya SatuAlpha) atau calcitriol (misalnya Rocaltrol) membantu mencegah kondisi tulang yang dapat terjadi pada gagal ginjal kronis, disebut osteodistrofi ginjal.

Gatal adalah keluhan umum pada orang dengan gagal ginjal, dan antihistamin seperti klorfenamin dapat diresepkan untuk mengontrol ini.

Hal ini penting untuk menghindari obat-obatan tertentu, obat-obatan misalnya nonsteroid antiinflammatory drugs (NSAID) seperti ibuprofen, yang dapat memperburuk fungsi ginjal. Anda dapat meminta dokter Anda tentang hal ini.
cuci Darah

Penderita gagal ginjal kronis juga harus menjaga makanannya. Diet yang dilakukan berupa pembatasan asupan protein, pilih makanan dengan kadar kalium yang rendah, dan hindari produk dengan garam tambahan. Penderitanya juga tetap dapat beraktivitas sehari-hari dan berolahraga. Tentunya dengan izin dan konsultasi dokter.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − four =